Minggu, 07 November 2010

SEKILAS MENGENAI PERGURUAN BELA DIRI SATRIA TUNGGAL


Nama Perguruan Bela Diri “SATRIA TUNGGAL” di dirikan di Kab. Lamongan tanggal 2 Januari 1970 oleh Guru Besar Bpk. Oedjianto(Alm). Dengan aliran yang diajarkan yaitu “Silat Tradisional”. Sumber aliran dari warisan leluhur. Ciri khas perguruan”Aliran Bela Diri Tangan Kosong”. Perguruan Bela Diri SATRIA TUNGGAL bukan cabang dari perguruan lain. Masuk menjadi anggota IPSI tahun 1975.
Falsafah Perguruan “Pancasila” dan tujuan mempertahankan diri serta mengembangkan kebudayaan bangsa.
Kedudukan Perguruan Bela Diri SATRIA TUNGGAL berada di daerah-daerah dengan membuka cabang baik dari luar maupun dalam daerah. Cabang-cabang Perguruan Bela Diri SATRIA TUNGGAL di daerah : Kalimantan, Sumatra, Bali, dan Jawa Timur.
Lambang Perguruan Bela Diri SATRIA TUNGGAL dengan gambar seekor kucing hitam yang mempunyai arti “Kasih Sayang Tanpa Kekuatan adalah Kelemahan Kekuatan tanpa kasih sayang adalah kezaliman” warna hitam yang mempunyai dasar sabar dan rendah diri. Dibelakang gambar dengan warna merah yang mengutama siswa Perguruan Bela Diri SATRIA TUNGGAL berani dan mawas diri dengan doktrin taklukkan dirimu sebelum menaklukan orang lain. Dibawah gambar dengan tulisan SATRIA TUNGGAL yang artinya berjiwa kesatria untuk membela kebenaran dan percaya pada diri sendiri. Telapak tangan terbuka berwarna putih menunjukkan sebagai siswa menjaga tali persaudaraan yang kuat dengan rasa cinta damai. Bada dasarnya, silat sebagai bela diri, jadi bukan untuk membunuh atau mencelakai lawan.
Dalam pelajaran Perguruan Bela Diri SATRIA TUNGGAL memiliki 4 aspek yaitu :
- Aspek Spiritual
- Aspek Seni dan Olah Raga
- Aspek Mental dan
- Aspek Sosial dan Budaya.
Tingkat atau jenjang yang harus di tempuh oleh siswa sebanyak 13 (tiga belas) tingkat. Untuk menyelesaikan tingkat mempunyai tanda khusus pada ikat pinggang (ban) tanda : merah, kuning, hijau, biru, coklat dst…
Arti :
Merah sampai dengan kuning : tingkat dasar
Hijau sampai dengan biru : rangkaian pertarungan
Coklat sampai dengan hitam : tingkat pertarungan khusus.
Motto Perguruan Bela Diri SATRIA TUNGGAL:
JANGANLAH HIDUP DI ATAS SATRIA TUNGGAL TAPI HIDUPKANLAH SATRIA TUNGGAL

Tidak ada komentar: